Masalah Penggeledahan

Penggeledahaan

arti kata penggeledaha berdasarkan definisi yang terdapat dalam www.artikata.com proses, cara, perbuatan menggeledah; pemeriksaan(orang, rumah, dsb) untuk mencari sesuatu dr rumah ke rumah dilakukan terus, tetapi belum ditemukan bukti-buktinya yg nyata

Penggeledahaan  adalah tindakan penyidik atau perwakilannya untuk melakukan pemeriksaan baik terhadap badan dan pakaian seseorang maupun terhadap kediaman seseorang. Untuk melakukan penggeledahan, penyidik harus mendapatkanijin dari Ketua Pengadilan Negeri. Tetapi, dalam hal keadaan yang sangat perlu dan mendesak, penyidik dapat melakukan penggeledahan tanpa mendapatkan ijin terlebih dahulu dari Ketua Pengadilan Negeri.

Menurut M. Yahya Harahap yang dimaksud dengan “Penggeledahan adalah tindakan penyidik yang dibenarkan undang-undang untuk memasuki dan melakukan pemeriksaan di rumah tempat kediaman seseorang atau untuk melakukan pemeriksaan terhadap badan dan pakaian seseorang. Bahkan tidak hanya melakukan pemeriksaan, tapi bisa juga sekaligus untuk melakukan penangkapan dan penyitaan”.

Untuk melakukan penggeledahan rumah atau tempat tertutup atau penggeledahan badan, maka penyidik harus sesuai dengan Ketentuan
KUHAP yang menyatakan bahwa :

  1. Dengan surat izin Ketua Pengadilan Negeri setempat penyidik dalam melakukan penyidikkan dapat mengadakan penggeledahan rumah yang diperlukan.
  2. Dalam hal yang diperlukan atas perintah tertulis dari penyidik, petugas kepolisian negara Republik Indonesia dapat memasuki rumah.
  3. Setiap kali memasuki rumah harus disaksikan oleh dua orang saksi dalam hal tersangka atau penghuni menyetujuinya.
  4. Setiap kali memasuki rumah harus disaksikan oleh kepala desa atau ketua lingkungan dengan dua orang saksi, dalam hal tersangka atau penghuni menolak atau tidak hadir.
  5. Dalam waktu dua hari setelah memasuki rumah dan atau menggeledah rumah, harus dibuat suatu berita acara dan turunannya disampaikan kepada pemilik atau penghuni rumah yang bersangkutan.

Penggeledahan dapat dilakukan atas :

  1. Rumah Tempat Kediaman

Penggeledahan rumah menurut Pasal 1 butir 17 KUHAP adalah tindakan penyidik untuk memasuki rumah tempat tinggal dan tempat tertutup lainnya untuk melakukan tindakan  pemeriksaaan dan atau penyitaan dan atau penangkapan dalam  hal dan menurut cara yang diatur dalam undang-undang ini.

2. Badan atau Pakaian

Penggeledahan badan atau pakaian menurut Pasal 1 butir 18  KUHAP adalah tindakan penyidik untuk mengadakan pemeriksaan badan dan atau pakaian tersangka untuk mencari benda yang diduga keras ada pada badannya atau dibawa serta  untuk disita

About Robby aneuknangroe

konsultasikan masalah Hukum Anda, Saya siap membatu secara gratis.

Posted on 22 September 2013, in Pidana Formil and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Ada pertanyaan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: