TENTANG SAYA


robbyNama Robby bukanlah nama yang sebenarnya, secara hukum tercatat di pencatatan sipil nama saya adalah Bibi Sastro. Dikalangan teman-teman saya lebih dikenal dengan nama Robby. Anak ketiga dari enam bersaudara yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki. Berdarah asli Aceh dengan Marga Manjungkan. Dididik dan dibesarkan dari sebuah keluarga petani kecil.

Masa kecil saya habiskan di Desa Tamon Jaya, kec. Salang, kab. Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam. Salah satu dari sekian banyak Desa yang terdapat di Pulau Simeulue.

SD Negeri 3 Meulaboh menjadi sekolah saya pertama, kebetulan pada tahun 1994 orang tua saya pergi mengadu nasib ke Meulaboh Aceh Barat. Karena pada waktu itu Meuleboh lebih maju dibandingkan dengan pulau simeulue. Dimeulaboh saya dan keluarga hanya bertahan 3 tahun, kami harus pulang Kesimeulue karena di Simeulue masih banyak Harta benda yang harus di urus oleh Ayah dan Ibu. Apalagi Rumah kami kosong tidakberpenghuni selama ditinggal. Kerena orang tua kembali lagi ke kampung halaman, sayapun harus juga pindah sekolah.

Waktu saya pidah sekolah saya sudah kelas 3 SD, sesampainya di Simeulue saya melanjutkan lagi sekolah saya di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Meunafa. Disekolah saya tergolong anak yang mempunyai nilai cukup tinggi, ranking II dan III selalu saya bawa pulang ketika penerimaan Raport. Pribadi saya sebagai anak yang aktiv dalam berkomunikasi, membuat saya banyak teman dan disenangi oleh orang-orang disekitar saya. Sampai saya sudah di kelas 6, saya sudah mulai nakal dan sudah tidak mau lagi sekolah, orang tua saya sering memarahi saya karena kenakalan saya hehehe. Maklum anak remaja yang sedang mencari jati diri, egonya masih meledak-ledak.

Setahun kemudian saya melanjutkan sekolah saya lagi, untuk melanjutkan sekolah saya yang tadinya belum selesai. Lulus dari SD, kemudian saya melanjutkan ke SLTP yang juga satu komplek dangan gedung SD saya. Setelah SLTP saya selesaikan, saya berangkat ke Sinabang untuk melanjutkan ke jenjang SLTA. Sinabang ini adalah ibu kota dari kabupaten tempat tinggal saya. Disinilah awal perjuangan menuntut ilmu yang saya tempuh, dengan lingkungan baru, teman baru dan sekolah baru dan juga seragam baru tentunya. Waktu sekolah SLTA, saya sudah membiayai sekolah saya sendiri, sepulang sekolah saya berkerja ikut orang yang mengajak, atau kadang ikut paman saya yang juga tinggal di Sinabang. Pekerjaan yang sering saya kerjakan kenek Truk, jadi buruh Kapal Pelabuhan, Kuli bangunan apapun yang menghasilkan Uang selama itu masih halal saya kerjakan. Yang penting halal.

SLTA, saya sekolah di Madrasah Aliyah Muhammadiah (sinabang), namun disekolah ini saya tidak sampai lulus, naik kelas 3 saya pidah lagi ke sebuah sekolah Swasta yaitu  Madrasah Aliyah Muhammadiah Swasta Sinabang. Sebuah sekolah yang masih baru berdiri waktu itu, sekolah ini tidak begitu jauh dari sekolah saya sebelumnya. Disinilah saya mendapatkan Ijazah.

Sebelum lulus, teman-teman saya banyak yang tanya, “kamu mau melanjutkan kuliah kemana?” saya hanya menjawab, saya tidak tahu, apakah saya lanjut kuliah atau tidak. Biarlah nanti waktu yang menjawab. Namu waktu itu saya sudah bertekad saya harus kuliah diluar Aceh, tepatnya saya harus kuliah dipulau jawa. Karena jika dibandingkan, tingkat pendidikan Pulau Jawa lebih maju daripada di Aceh apalagi Simeulue tempat tinggal saya, kampus saja tidak ada waktu itu.

Singkat cerita saya memilih Malang Jawa Timur sebagai tempat saya kuliah, Universitas Muhammadiah Malang menjadi pilihan utama saya dan Fakultas Hukum adalah tempat yang salah pilih untuk menuntut Ilmu. Yah disinilah semua akan saya mulai belajar sedikit demisedikt tentang seluk-beluk dunia hukum. Ternya sangat luas dan sesuai dengan karakter saya yang cenderung vokal dan blak-blakan. Saya punya angan-angan dan cita-cita muliah bahwa saya akan menegakkan Hukum, setegak dan seadil-adilnya. Sebagaimana adigium hukm “sekalipun langit runtuh keadialan harus ditegakkan” adigium ini sangat mengena bagi saya dan juga sesuai dangan apa yang semua orang inginkan tentang hukum. Harapan saya kedepan, hukum indonesia harus tetap maju, berkeadilan, mengayomi dan menjadi tempat berlindungnya masyarakat pencari keadilan.

Selain rutinitas kuliah, saya juga menyempatkan diri dalam dunia aktivisme, organisasi yang pernah membesarkan saya antra lain;

  1. Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM) komisariat “supremasi” Hukum UMM. Pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Advokasi Tahun 2009/2010, Ketua Bidang Organisasi dari Tahun 2010/2011, Ketua Bidang Hikmah dari Tahun 2011/2012.
  2. Solidaritas Mahasiswa Untuk Rakyat Tertindas (SMART), sebagai anggota biasa 2008/2010, sebagai anggota divisi ekternal 2010/2012
  3. Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Aceh Malang (IPPMA Malang) ketua II bidang Internal 2010/2011, anggota biasa dari 2008 sampai sekarang
  4. Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simeulue Malang (IPPELMAS MALANG), sebagai salah satu pendiri.
  5. Badan Eksekutive Mahasiswa Universitas (BEM-U) UMM 2013/2014

Selain itu beberapa pelatihan yang pernah saya ikuti antara lain:

  1. P2KK
  2. Darul Arqam Dasar
  3. Darur Arqam Madiah
  4. Diklat Politik Regional/Nasioal
  5. Diklat Manajemen Organisasi
  6. Latihan Kepemimpinan Dan Manajemen Mahasiswa
  7. Seminar-seminar Regional/Nasional
  8. Sekolah Filsafat di Pusat Study Islam dan Filsafat

Latar belakang saya sebagai aktivis, mendorong saya untuk mendirikan Blok ini. Bagi saya berbagi adlah sesuatu yang indah, disini saya bisa mengekspresikan dan menungkan ide-ide saya. Blog ini saya jadikan media berkomunikasi dan juga sebagai penyimpan data-data, catatan-catan kuliah saya.

Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan baik tulisan maupun gagasan yang tertuang di Blog ini. oleh sebab itu kritik dan saran selalu terbuka. Terahir, jika anda ingin bertanya dan mengkonsultasikan permasalahan Hukum, silahkan tuliskan pertanyaan anda sebanyak-banyaknya. Dengan senang hati saya akan memberikan nasihat-hukum secara Cuma-Cuma kerana memang blog ini didirikan untuk itu.

Salam perubahan

copy-cropped-644248_741232682559410_1291335250_n1.jpg

Robby Aneuknangroe

  1. Thanks broo….hebat skali, skali lg trimakash atas smua ilmunya.

Ada pertanyaan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: